Skip to content

Asep Kurnia Lantik 87 Pengurus Pemuda ARWT Tingkat Kecamatan dan Desa.

5 Mei 2011

Asep Kurnia, SH, Ketua Pemuda Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) Indonesia Kabupaten Sumedang, Rabu (13/4) di Gedung KPGW Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang,  lantik 8 pengurus Pemuda ARWT  Tingkat Kecamatan Jatinunggal dan 79 orang pengurus Pemuda ARWT tingkat desa yang tersebar di 9 desa wilayah Jatinunggal. Acara yang dihadiri Ketua DPP ARWT Indonesia, Drs. H. Sanusi Mawi, Msi, Pengurus Pemuda ARWT Kabupaten Sumedang, Camat Jatinunggal, Deddy TW, S.Pd, M.Pd,Msi, Danramil Kecamatan Jatinunggal, Kapten Inf. A.E. Sopiana, Kapolsek, AKP. Moch Noor, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu ia memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang sudah melaksanakan pelantikan dalam waktu dan persiapan yang terbatas, tetapi acara dapat berlangsung dengan baik.

Dikatakan Asep, bahwa anggota Pemuda ARWT / ARWT bukan organisasi yang berangotakan RT atau RW saja, tetapi merupakan organisasi yang beranggotakan masyarakat yang berada dilingkungan RT/RW, “ Jadi anggota terbuka untuk siapa saja yang berada di lingkungan RT dan RW !, “ tandasnya. “ Dalam UU Kepemudaan (perubahan), yang dimaksud pemuda adalah yang berusia 30 hingga 40 tahun, tetapi untuk kepengurusan tidak ada aturan tentang masalah umur tersebut .“

Menanggapi opini publik yang beraneka ragam, Asep mengatakan karena kebetulan posisi Ketua DPP ARWT  dan Ketua Pemuda ARWT Kabupatennya sebagai Kepala BKD dan Ketua KPU, sehingga kondisi  ini banyak menimbulkan prediksi-prediksi mengenai arah dari organisasi yang tujuannya penggalangan perwakilan calon independen dan lainnya, tetapi sebenarnya arah dari  organisasi ini tidak seperti itu. “ Salah satu alasan keberadaan Pemuda ARWT ini adalah dengan diterbitkannya UU RI Tentang Kepemudaan. UU hasil reformasi yang membuka ruang bagi seluruh pemuda atau anggauta masyarakat yang mau berbagi ilmu, pengalaman dalam wadah kepemudaan. Dengan adanya wadah kepemudaan yang terangkum dalam UU teersebut, maka kita berkesempatan untuk memikirkan tentang wadah untuk bisa berbagi dalam memanfaatkan undang-undang tersebut, oleh karena itu digulirkanlah wadah dalam bentuk Pemuda ARWT ini,”  kata Asep.

Ditengah kondisi sekarang ini, dimana kaum Infestor yang memeras rakyat, pemerintah pulas tertidur, rakyat yang diabaikan. Mereka cenderung mempertahankan ‘kekuatannya’ dengan berbagai cara tanpa memperhatikan rakyat yang semakin hari semakin suram. Oleh karena itu, ia mengajak kaum muda untuk bergabung dalam gerakan moral yang dimulai dari tingkat RT dan RW, bantu program pemerintah dimulai dari lingkungan RT dan RW, imbuhnya.

“ Ada tiga hal yang dilakukan Pemuda ARWT, pemberdayaan, penyadaran dan pengembangan. Dengan tiga hal tersebut, kedepan pemuda bisa berpartisipasi dalam program-program, “ jelasnya.

Terpilih sebagai Ketua Pemuda ARWT Tingkat Kecamata, Sri Diyanto, S.Pdi, Sekretaris, Amin Muharudin, Bendahara; Cecep yang dibantu oleh lima bidang. Sedangkan pengurus tingkat Desa terpilih 79 orang pengurus yang tersebar di 9 Desa wilayah Kecamatan Jatinunggal. (Teddy)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: